Cara Ampuh Merawat Mobil kala Musim Hujan

posted in: Tips | 0

Musim hujan jadi pertanda bagi setiap pemilik kendaraan untuk mulai waspada dan mengetahui tips merawat kendaraan kesayangannya. Tentu saja, tips tersebut dilakukan supaya kondisi mobil bisa terlihat tetap menawan dan minim kerusakan akibat air hujan. 

Seperti yang telah kita ketahui, mobil ataupun jenis kendaraan lainnya sangat rentan terhadap paparan air hujan. Pasalnya, air hujan bersifat asam yang jika tercampur dengan kotoran ataupun limbah berbahaya dari jalanan bisa menyebabkan kerusakan jika tidak langsung dibersihkan. 

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan demi menjaga penampilan sekaligus performa mobil ketika musim hujan tiba. Simak ulasan berikut selengkapnya!

1.       Hindari Jalan Banjir

Hal yang paling utama harus Anda lakukan dalam berkendara mobil saat musim hujan adalah menghindari banjir di jalan-jalan tertentu. Apabila mobil mogok karena terjebak banjir, jangan pernah berusaha menyalakan mesin. Hal ini penting karena air bisa saja masuk melalui saluran gas pembuangan yang justru memicu kerusakan. 

2.       Jaga Fungsi Defogger dan AC

Poin yang tak boleh ketinggalan adalah pemeriksaan defogger dan AC. Ketahuilah, kedua komponen ini mampu menjaga suhu di dalam mobil jadi lebih dingin dibandingkan luar kendaraan. 

Dengan begitu, efek pengembunan yang terjadi pada kaca bisa tereduksi. Apabila defogger dan AC ini dalam kondisi kurang prima, maka visibilitas pengemudi saat menerjang derasnya hujan bisa terganggu akibat kaca yang tertutup embun. 

3.       Langsung Cuci dan Keringkan setelah Kehujanan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk merawat mobil ketika musim hujan adalah langsung mencuci dan mengeringkan seluruh bagian bodi setelah terkena air hujan. Pastikan, tidak ada air hujan ataupun rembesannya yang mengering dengan sendirinya di bagian mobil. 

Sebab, hal semacam itu bisa membuat mobil lebih cepat mengalami kerusakan. Terutama pada bagian cat body mobil.

Bukan itu saja, air hujan yang dibiarkan kering dengan sendirinya juga bisa memberi efek dalam jangka panjang. Misalnya berupa jamur hingga karat pada lapisan pelindung bodi mobil. 

Demi mencegah terjadinya efek tersebut, ada baiknya jika kamu segera mencuci kendaraan dengan sabun khusus sampai benar-benar bersih. Dengan begitu, kandungan asam dan garam pada air hujan tidak akan menimbulkan masalah serius pada mobil kesayangan kamu. 

Salah satu sabun cuci mobil yang memang didesain khusus untuk membersihkan juga melindungi lapisan terluar dari cat bodi mobil Anda adalah Armor All Speed Shine Wash & Wax.

Sampo mobil dengan kemampuan yang luar biasa ini memiliki dual action formula yang dengan cepat  melarutkan dan membersihkan kotoran serta kontaminan pada permukaan cat. Selain mumpuni dalam menghilangkan segala kotoran yang melekat pada mobil Anda, Armor All Speed Shine Wash & Wax akan sekaligus melindungi serta mengilapkan permukaan cat kendaraan dengan satu langkah mudah.Armor All Speed Shine Wash & Wax sangat ideal untuk digunakan pada kendaraan dengan lapisan wax. Karena Armor All Speed Shine Wash & Wax mampu meningkatkan kinerja wax yang telah melekat. Armor All Speed Shine Wash & Wax mengandung carnauba sehingga akan menghasilkan finishlook yang lebih berkilau.