Kapan Penggantian Filter Oli Motor yang Tepat?

posted in: OTO Tips | 0

Hingga saat ini, banyak pengendara motor masih sering menyepelekan fungsi penyaring oli mesin pada motor. Selain itu, pertanyaan “Kapan waktu yang tepat untuk ganti filter oli motor?” juga mungkin jadi sering muncul di benak banyak pengendara motor. Berdasarkan artikel yang dikutip di GridOto.com, begini jawaban mekanik.

Motor jenis sport umumnya memiliki filter oli yang wajib diganti secara berkala oleh pemiliknya. Sedangkan, mungkin motor yang peruntukkannya hanya sebagai tunggangan harian tidak perlu seringkali diganti filter olinya.

Nah, kapan sebetulnya waktu yang tepat untuk ganti filter oli motor?

“Sebetulnya paling pas itu ikuti buku panduan pemilik saja,” buka Suhendri mekanik Bagus Motor di daerah Rorotan Cakung Cilincing, Jakarta Utara.

“Hampir semua pabrikan menyarankan ganti filter oli tiap 2 kali ganti oli mesin,” lanjut Bang Hendri sapaan akrabnya.

Jadi misalnya untuk ganti oli tiap kelipatan 4.000 kilometer pemakaian maka ganti filter dilakukan saat kelipatan 8.000 kilometer pemakaian.

“Karena memang pabrikan sudah menghitung kapan waktu yang tepat untuk ganti filter oli mesin,” yakinnya.

Tapi memang beberapa pengguna motor ingin tiap ganti oli dia ganti filter juga.

“Mungkin karena kebiasaan saat ganti oli mobil,” tambahnya lagi.

“Nah, ini sebetulnya lebih bagus karena sebetulnya filter itu menyimpan kotoran dari oli sebelumnya, jadi kalau diganti semua kondisi oli akan bersih total saat diganti baru,” ujarnya.

“Tapi tentu saja biaya yang dikeluarkan kan jadi lebih besar kalau tiap ganti oli filternya juga diganti. Selain itu kalau ganti filter oli, takaran oli mesinnya juga harus ditambah,” tutupnya.

Nah, itu dia tadi waktu yang tepat untuk ganti filter oli mesin menurut mekanik, mudah-mudahan informasi tersebut berguna bagi Anda.