Perubahan Demi Memenuhi Regulasi Baru, Ini Dia Penampakan Mobil F1 2022!

posted in: OTO News, OTO Sport | 0

Menjelang gelaran balap F1 Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini, Formula 1 resmi memperlihatkan prototipe mobil F1 2022 pada hari Kamis, 15 Juli 2021 waktu setempat.

Purwarupa mobil F1 2022 ini menampilkan desain yang benar-benar baru atau biasa dikenal dengan istilah “all new”,  serta penerapan pemakaian ban 18 inci yang akan jadi regulasi baru di balapan F1 2022. Mobil F1 2022 ini diperkenalkan di hadapan para pembalap menjelang dimulainya seri kesepuluh gelaran balap F1 Inggris di Sirkuit Silverstone. Penampang mobil F1 terbaru ini juga diperkenalkan ke seluruh dunia dengan disiarkan secara live di akun YouTube Formula 1. Sebelumnya, F1 sudah membocorkan foto-foto mobil F1 2022 ini pada kanal media sosialnya.

Bagian yang paling menarik perhatian dari mobil F1 2022 ini adalah sayap agresif di bagian depan dan belakang mobil. Desain serbabaru mobil F1 2022 yang akan dipakai tahun depan ini bersamaan dengan diberlakukannya regulasi baru F1 yang sempat tertunda satu tahun akibat pandemi Covid-19. Dengan adanya regulasi baru F1 ini, akan ada banyak perubahan di musim balap tahun depan dan diharapkan persaingan antarpembalap juga menjadi semakin menarik.

Kita dapat cermati bersama pada foto pertama mobil F1 2022 ini, desain aerodinamika pada mobil ini telah dirombak total. Ada perubahan ground effect yang seharusnya membuat manuver menyalip lebih mudah. Lalu, “bargeboards” yang rumit benar-benar dilarang dan diganti dengan “wheel bodywork”, ada winglet ‘sayap tambahan’ di roda depan. Sayap depan juga terlihat berbeda karena sekarang hanya terdiri dari empat elemen. End plate ‘bagian paling pinggir’ di sayap belakang menghilang, dampaknya akan menciptakan lebih sedikit turbulensi dan pembalap bisa dapat mengikuti satu sama lain (menempel) lebih dekat. Lalu, ban yang diperbolehkan juga berubah, beralih ke pelek 18 inci. Namun, power unit yang dipakai tidak berubah, tetap menggunakan power unit yang digunakan pada balapan tahun ini.

Respons Para Pembalap

Tanggapan beragam juga muncul dari para pembalap. Max Verstappen tidak terlalu terkesan dengan perubahan yang bakal terjadi di mobil tahun 2022. Menurut Max, aspek teknis dan keahlian pengemudi tetap yang utama dibanding hanya perubahan fisik pada mobil. Sambutan antusias muncul dari Lewis Hamilton, menurut pembalap Inggris tersebut, mungkin persaingan antarpembalap akan lebih ketat dan penonton pasti akan menjadi pihak yang paling diuntungkan. Charles Leclerc, pembalap tim Ferarri juga antusias menyambut perubahan mobil F1 2022, ia bahkan mengaku sudah mencobanya di simulator dan merasa akan ada tantangan tersendiri dalam mengendarai mobil ini di tahun depan. Kesan pertama dari Daniel Ricciardo adalah secara visual ia memuji tampak belakang dari purwarupa mobil F1 2022, menurutnya desain mobil tahun depan mengingatkannya pada mobil tahun 2008.