Toyota Innova Zenix Bermesin Hybrid Resmi Meluncur

posted in: OTO News | 0

Baru-baru ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan All New Kijang Innova Zenix secara global premiere di Indonesia, pada Senin (21/11/2022).

Ada yang berbeda dari generasi sebelumnya, All New Kijang Innova Zenix kini dibekali varian Hybrid Electric Vehicle (HEV) mengusung platform dan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA).

Toyota All New Kijang Innova Zenix yang hadir sebagai generasi ketujuh Kijang ini mengadopsi teknologi hybrid generasi kelima seperti milik Toyota Prius di Jepang.

Adapun hadirnya varian hybrid pada All New Kijang Innova Zenix ini, secara otomatis menghapus varian bermesin diesel dari daftar menu yang ditawarkan.

Menurut Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto, Kijang merupakan salah satu model Toyota pertama di Indonesia yang diproduksi secara lokal sejak 1977. Sejak saat itu, Kijang terus berevolusi berdampingan dengan perkembangan industri otomotif, sosial, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Seperti dikutip dari GridOto.com, “Seiring dengan era elektrifikasi, Kijang kembali berevolusi menjadi model Multi Purpose Vehicle (MPV) Hybrid Toyota produksi lokal pertama,” ujar Henry, Senin (21/11/2022).

Untuk urusan dapur pacunya, Toyota All New Kijang Innova Zenix dibekali dua pilihan mesin.

Di antaranya adalah mesin bensin berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine dengan kapasitas 1.987 cc, empat silinder, Dual VVT-i.
Mesin dengan platform TNGA tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga 172 dk pada 6.600 rpm dan torsi 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Selanjutnya untuk varian hybrid terdapat mesin berkode M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc, empat silinder, Dual VVT-i dengan tenaga 150 dk pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 111 dk dan torsi 206 Nm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan sebesar 183 dk pada sistem.

Adapun tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) melalui transmisi direct shift CVT (Continous Variable Transmission) 10 percepatan yang lebih efisien dan senyap ketika beroperasi.

Dari sisi fitur keselamatannya All New Kijang Innova Zenix telah dibekali Toyota Safety Sense (TSS 3.0), terdiri dari Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assis (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Bicara soal harga, Toyota All New Kijang Innova Zenix tersedia dalam varian yang dibagi menjadi tiga tipe utama yakni G, V dan Q TSS.

Adapun tipe termurah yakni Innova Zenix 2.0 G CVT dibanderol Rp 419 juta, kemudian 2.0 G HV CVT Rp 458 juta, 2.0 V CVT Rp 467 juta, 2.0 V HV CVT Rp  532 juta dan 2.0 Q HV CVT TSS Rp 611 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Jika Anda yang menginginkan Toyota Kijang Innova Zenix dengan warna premium, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar 3 juta rupiah.