Quartararo Menang di Silverstone dan Makin Unggul Jauh dari Pesaingnya di MotoGP 2021

posted in: Uncategorized | 0

Kemarin, pembalap dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, berhasil memenangkan gelaran MotoGP Inggris 2021.

Fabio Quartararo, yang dijuluki El Diablo, sempat mengalami beberapa pertarungan ketat dengan para rivalnya di 5 lap awal. Namun, Quartararo tidak mengendurkan ritme balapnya, bahkan terus menekan untuk bisa tetap berada di depan. Akhirnya, El Diablo berhasil merebut pimpinan balapan dari Pol Espargaro menjelang lap ke-6.

Setelah lap keenam, Quartararo langsung tancap gas dan memperlebar jarak dari para pembalap yang berada di belakangnya. Akan tetapi, ritme balap Quartararo sempat sedikit mengendur di 5 lap terakhir, tapi tak cukup untuk membahayakan posisinya untuk memenangkan balapan.

Posisi kedua berhasil diraih oleh Alex Rins yang tampil sangat konsisten mulai pertengahan balapan. Meskipun tidak ikut pertarungan di depan dalam beberapa lap awal, ritme balapan Rins sangat konsisten hingga akhirnya bisa melewati banyak pembalap di depannya. Rins memenangkan pertarungan di pertengahan balapan melawan Aleix Espargaro yang akhirnya meraih peringkat ketiga.

Aleix Espargaro sempat mendapat perlawanan ketat dari Jack Miller di lap terakhir sebelum finis ketiga. Ini jadi podium pertama buat Aprilia di era MotoGP. Selain itu, ini juga jadi podium kedua buat Aleix Espargaro di kelas premier, di mana yang pertama diraihnya bersama Forward Yamaha pada 2014 lalu.

Sayangnya, Valentino Rossi mengalami banyak kesulitan sejak awal hingga akhir balapan. Valentino Rossi tak bisa menemukan ritme balap yang bagus hingga posisinya terus melorot dan dilewati banyak pembalap. Pada akhirnya, Rossi hanya sanggup finis ke-18, dari 19 pembalap yang sanggup finis.

Di sisi lain, Marc Marquez yang tampil bagus sepanjang akhir pekan ini malah kecelakaan di awal balapan. Marquez menabrak Jorge Martin hingga kedua pembalap akhirnya keluar dari balapan.

Pol Espargaro yang start dari pole position juga tampil tak terlalu bagus mulai pertengahan hingga akhir balapan. Pembalap dari tim Repsol Honda ini gagal mempertahankan ritmenya dan akhirnya hanya sanggup finis ke-5 meski sangat cepat di putaran awal balapan.

Berkat menang di Sirkuit Silverstone, Inggris 2021, Fabio Quartararo berhasil memperlebar jaraknya di klasemen dengan cukup signifikan. Kemenangan ini membuat Quartararo mengoleksi 206 poin.

Pada saat yang sama, rival-rival terdekatnya bahkan tidak bisa finis di posisi 5 besar pada balapan yang cukup seru ini. Joan Mir misalnya, hanya sanggup finis ke-9, meskipun sempat tampil bagus pada pertengahan balapan. Juara MotoGP 2020 ini hanya mengoleksi 141 poin dan berada di peringkat kedua klasemen.

Kemudian Francesco Bagnaia hanya berhasil finis ke-14 setelah sempat tampil sangat meyakinkan di awal-awal balapan. Pecco Bagnaia turun ke peringkat 4 klasemen, dengan 136 poin.

Johann Zarco bahkan sama sekali tidak terlihat cepat pada balapan ini, hanya sanggup finis ke-11. Zarco naik ke peringkat 3 dan memiliki 137 poin.

Dengan ini, Quartararo kini punya keunggulan 65 poin dari rival terdekatnya, Joan Mir klasemen sementara MotoGP 2021. Namun, masih ada peluang untuk pembalap lain mencoba merebut gelar dari Quartararo di 6 sisa balapan tahun ini.