Pahami Bedanya STNK Asli dan Palsu!

posted in: OTO Tips | 0

Jika Anda ingin membeli motor atau mobil yang kondisinya sudah tidak baru lagi, cara membedakan STNK asli dan palsu harus Anda ketahui.

Pengetahuan membedakan STNK asli dan palsu harus Anda pahami karena bisa saja kendaraan yang Anda beli dari seseorang tersebut merupakan hasil kejahatan dan dibuatkan STNK bodong sehingga mudah dijual.

Intinya, jikalau Anda ingin membeli kendaraan bekas, jangan hanya tergiur dengan kondisi mesin yang prima dan harga jual murah.

Di samping harus memperhatikan keadaan fisik dan kondisi komponen kendaraan, Anda juga harus memperhatikan kelengkapan surat kendaraan.

Salah satu hal yang utama adalah STNK karena dokumen kendaraan ini yang harus Anda bawa ketika bepergian.

Namun, Anda harus paham bahwa banyak oknum yang memalsukan STNK agar bisa menjual kendaraan ilegal.

STNK asli dan palsu ini memang sekilas sangat mirip sehingga sulit dibedakan.

Akan tetapi, jika dicermati lebih jauh, ada beberapa hal yang beda walau perlu ketelitian untuk memeriksanya.

“Hal utama yang membedakan STNK asli dan palsu adalah cetakan hologram pada STNK. Hologram yang berada di sebelah kanan atas akan berbeda antara yang asli dan palsu jika diterawang,” kata Katimsus Samsat Cikarang, Aiptu Harwanto seperti dikutip dari GridOto.com, Jum’at (11/11/2022).

Menurutnya, hologram STNK asli berwarna abu-abu dan tidak berubah warna ketika diterawang. Sebaliknya, hologram yang terdapat di STNK palsu akan berubah warna menjadi kuning.

Tak hanya itu, untuk membedakan STNK asli dan palsu juga bisa dilihat dari kode batang atau barcode yang terdapat di surat kendaraan tersebut.

Pada STNK asli, barcode akan mengungkapkan identitas pemilik kendaraan tersebut ketika di scan.

Pada STNK palsu tidak akan ada informasi apa-apa ketika barcode di scan.

Untuk melakukan scan barcode ini bisa dilakukan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) terdekat dan gratis.

“Untuk Itu harus ahlinya yang memeriksa seperti dibawa ke Samsat supaya bisa di cek langsung oleh petugas samsat,” ucapnya.