Merawat dan Membersihkan Velg Tidak Boleh Asal!

posted in: Tips | 0

Bagi kebanyakan orang, mobil merupakan alat transportasi yang sangat diandalkan. Mobil merupakan kendaraan yang dibutuhkan banyak orang untuk berpergian baik dalam kota maupun ke luar kota. Dengan kenyamanan mengendarai mobil, banyak orang bisa terbantu melaksanakan beragam kegiatan dan aktivitas. Namun, ada hal yang harus diingat pula, yaitu ketika Anda memiliki mobil, tentunya Anda harus rajin merawat mobil tersebut. Karena jika tidak rutin merawatnya, mobil Anda akan cepat rusak dan membutuhkan biaya yang sangat besar untuk memulihkannya kembali.

Salah satu bagian penting yang jarang diperhatikan oleh banyak orang dalam merawat mobil adalah velg. Keberadaan velg sangatlah penting, tetapi seringkali luput dari perhatian. Velg yang terawat tentunya bisa menambah nilai estetika. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mengganti velg ban bawaannya dengan velg baru yang dianggap lebih bagus dan mampu meningkatkan pesona mobil. Jadi, alangkah baiknya jika Anda rajin merawat velg mobil yang Anda miliki.

Ada beberapa hal esensial terkait perawatan velg mobil, di bawah ini kami akan bagikan beberapa tips penting dalam merawat velg.

1. Menggunakan Aluminium Foil

Aluminium foil lebih dikenal manfaatnya untuk makanan, tetapi ternyata alumunium foil juga bisa digunakan untuk membersihkan dan merawat velg mobil, terutama dari karat-karat yang menempel. Jika Anda memiliki mobil dengan velg yang sudah berkarat, jangan berputus asa. Anda masih bisa menggunakan alumunium foil untuk menghilangkan karatan tersebut dan membuat velg kembali kinclong dan mengilap. Aluminium foil lebih cocok digunakan untuk velg-velg yang dilapisi chrome.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Pertama cuci terlebih dahulu velg, jika kotoran karat masih membandel, tambahkan sedikit cuka dan garam. Supaya lebih efektif, basahi aluminium foil dengan cuka dan air garam, lalu gosokkan dengan sedikit memberikan tekanan pada bagian karat yang ingin dibersihkan. Perlahan-lahan karat tersebut akan hilang. Jika karat yang ada pada velg sudah hilang, silakan cuci velg, kemudian olesi cairan khusus velg mobil yang akan membuat velg kamu mengkilap.

2. Cairan Khusus Pembersih Velg

Jika velg masih utuh, atau mobil masih baru, rawat velg dengan mengoleskan cairan khusus pembersih velg secara rutin ya. Pilihlah merk cairan khusus yang terpercaya dan tentunya berkualitas baik. Salah satu merk cairan pembersih velg yang sangat kami rekomendasikan adalah Armor All High Performance Wheel Cleaner.

Armor All High Performance Wheel Cleaner memiliki formula ultratebal sehingga dapat menghilangkan debu jalanan yang melekat, sisa residu pengereman, serta kotoran lainnya dengan aman dan mudah. Cairan Armor All High Performance Wheel Cleaner mampu melekat dengan sempurna pada permukaan roda sehingga formula aktifnya meluruhkan kotoran serta kontaminan pada permukaan logam dengan sangat cepat. Ketika formula aktifnya bekerja cairan Armor All High Performance Wheel Cleaner berubah menjadi ungu.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan pada velg secara merata  hingga menutupi permukaan roda. Lalu Anda harus biarkan Armor All High Performance Wheel Cleaner meresap selama 5 hingga 10 menit dan cairan akan berubah menjadi berwarna ungu. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa gunakan sikat untuk membantu proses pembersihan. Jangan biarkan cairan Armor All High Performance Wheel Cleaner mengering dan Anda perlu membilas dengan air bersih hingga permukaan roda bersih. Setelahnya, Anda tinggal menyeka dengan kain lap mikrofiber dan selesai sudah, velg Anda akan berkilau dan mengilap.