Hati-Hati, Malas Membersihkan dan Merawat Ban Bisa Berbahaya!

posted in: Tips | 0

Ban adalah salah satu komponen mobil yang jarang dianggap penting. Bahkan, banyak kita temui orang yang kurang peduli dengan kebersihan ban mobilnya. Padahal, kotoran dari jalanan yang dilindas oleh ban akan menempel terus bila tidak dibersihkan.

Ban mobil yang kotor wajib segera dibersihkan, tetapi masih banyak pemilik yang malas melakukannya. Perlu kita ketahui bahwa ada efek negatif yang mengintai saat ban mobil tidak dibersihkan. Ban mobil sebaiknya dibersihkan secara rutin agar tidak memperpendek umurnya. Efek negatif dari jarang membersihkan ban bisa membuat elastisitas karet ban menjadi cepat menurun.

Seperti yang kita ketahui, elastisitas ban mobil sangat diperlukan agar kompon ban bisa menempel dengan baik di aspal. Kotoran yang menempel ini akan menimbulkan oksidasi dengan karet ban. Oleh karena itu, jika ban terus menerus terpapar kotoran yang tidak dibersihkan, kompon ban akan lekas “mati” dan ban kehilangan elastisitasnya.

Batu kerikil menempel di ban juga terkadang dianggap merupakan hal yang lumrah, terlebih ketika melewati jalanan yang tak mulus. Meskipun tak memberikan dampak signifikan bagi performa ban, tapi kerikil yang menempel perlu dibersihkan.

Kerikil yang menempel pada sela telapak ban lama kelamaan bisa memicu kerusakan ban. Hal itu tentu bakal berdampak pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Ada beberapa alasan penting yang mengharuskan pemilik mobil membersihkan batu menempel pada telapak ban, ditinjau dari segi keselamatan, kenyamanan dan faktor lainnya. Batu kerikil, apalagi yang berukuran agak besar dan runcing, berpotensi mengiris karet ban. Saat ban berputar dan batu menyentuh permukaan jalan, batu akan tertekan hingga seperti mengiris atau menusuk permukaan karet ban.