Gelaran F1 Hongaria 2021 Penuh Drama

posted in: OTO News, OTO Sport | 0

Gelaran F1 Hongaria 2021 kemarin banyak sekali menghadirkan drama. Dari drama di sesi kualifikasi, kecelakaan saat sesi balapan, dan pengurangan nilai bagi peraih podium semua tersaji pada hari Minggu, 1 Agustus 2021, di Sirkuit Hongaroring kemarin.

Drama bermula saat Lewis Hamilton berhasil meraih pole position pada kualifikasi F1 Hongaria 2021. Namun, ada sedikit bumbu dengan kontroversi di sana. Hal itu terkait tindakan Lewis Hamilton yang dinilai sengaja melaju lambat di depan Max Verstappen dan Sergio Perez pada akhri sesi Q3. Hasilnya, pembalap Red Bull, Max Verstappen, hampir saja gagal meraih catatan waktu maksimum. Bahkan, rekan satu tim Max Verstappen, Sergio Perez, gagal mencetak waktu karena jebakan Lewis Hamilton ini. Karena taktiknya ini, Lewis Hamilton pun langsung mendapat ejekan dari pendukung Verstappen di tribun. Akan tetapi, berdasarkan keterangan para pihak penyelenggara, yang dilakukan oleh Lewis Hamilton ini bukanlah hal yang ilegal dan ia pun terbebas dari sangsi pengurangan waktu atau mundur di urutan start.

Selanjutnya, karena kesalahan strategi saat restart usai red flag, Lewis Hamilton, hanya berhasil finis pada urutan ketiga. Meski hanya menyelesaikan lomba di urutan tiga, raihan ini cukup bagi Lewis Hamilton untuk merebut posisi puncak klasemen sementara F1 2021 dari tangan Max Verstappen. Lewis Hamilton mendapat tambahan 15 poin dan kini koleksi poinnya menjadi 192 poin.

Sementara itu, Max Verstappen yang menyelesaikan lomba pada urutan ke-10 hanya meraih 1 poin saja sehingga kini turun ke posisi 2 klasemen dengan 186 poin. Di belakang kedua pembalap itu ada Lando Norris, Valtteri Bottas, Sergio Perez, dan Charles Leclerc yang posisinya tidak berubah di tabel klasemen. Empat pembalap tersebut sama-sama gagal finis setelah terlibat kecelakaan di tikungan pertama lap pertama balapan.

Sementara itu Esteban Ocon yang berhasil keluar sebagai pemenang balapan naik ke posisi 11 dengan 39 poin. Pada kejuaraan konstruktor, Mercedes juga berhasil menyalip Red Bull dan kini unggul 10 poin. Namun, beberapa jam setelah balap F1 Hongaria 2021 selesai, FIA mengumumkan bahwa pembalap Tim Aston Martin, Sebastian Vettel didiskualifiasi dari posisi podium kedua karena tidak bisa memenuhi regulasi jumlah sisa bahan bakar untuk diperiksa oleh FIA.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, setelah balapan selesai Sebastian Vettel berhenti karena bahan bakarnya terlalu sedikit untuk dijadikan sampel pemeriksaan. Sesuai regulasi, setidaknya harus ada sisa satu liter di tangki mobil di akhir balapan agar FIA bisa memeriksa. Nyatanya, FIA hanya mampu mengeluarkan 0,3 liter dari tangki mobil Aston Martin milik Sebastian Vettel.

Berikut ini hasil F1 Hongaria 2021 dan klasemen sementara F1 2021: