Mobil Terawat Asal Dicuci, Mencuci Mobil Jangan Asal!

posted in: Tips | 0

Satu hal yang wajib dilakukan setiap pemilik kendaraan bermotor adalah merawat dan menjaganya. Salah satu cara perawatan mobil yang mudah dan disarankan adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Hal yang satu ini bisa kita lakukan ketika ada waktu luang di rumah, seperti saat sedang PPKM ini, Anda pasti memiliki sedikit waktu luang yang lebih banyak dari biasanya. Atau Anda bisa saja menggunakan jasa tempat cuci mobil yang mempunyai kualitas baik.

Namun, bicara mencuci mobil yang kesannya sepele, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mencuci mobil agar kendaraan Anda senantiasa terawat dan terjaga.

1. Jangan Biarkan Mobil Anda Terpapar Sinar Matahari Saat Mencucinya

Membiarkan mobil Anda tersiksa saat terik matahari sedang panas-panasnya adalah hal yang harus Anda hindari. Kerak dan jamur bisa timbul jika Anda membiarkan hal ini saat mencuci mobil. Saat mencuci di terik matahari, body dan kaca mobil Anda yang basah akan mengering dengan cepat dan ini meningkatkan risiko timbulnya bercak, kerak, dan jamur karena air.

2. Hindari Menggunakan Sabun Cuci Piring

Jika yang Anda harapkan adalah permukaan body yang kinclong dan mengilap, jangan gunakan sabun cuci piring saat mencuci mobil. Penggunaan sabun cuci piring yang tinggi PH akan meningkatkan risiko mobil kusam dan penuh goresan. Gunakan sabun khusus cuci mobil yang rendah PH-nya!.

3. Hindari Gerakan Memutar Saat Mencuci Mobil

Gerakan mengusap saat mencuci mobil harus Anda perhatikan, jangan gunakan gerakan memutar! Hal tersebut bisa menyebabkan debu atau kotoran malah menyebar dan kembali menempel di permukaan mobil. Gerakan yang terbaik saat mencuci mobil adalah mengusap atas bawah.

4. Kaca dan Jendela

Pastikan bagian kaca jendela pintu mobil Anda jangan sampai turun saat belum benar-benar kering. Jika hal ini terjadi, akan timbul risiko bercak flek air karena titik-titik air di kaca yang mengering dengan tidak sempurna.

5. Gunakan Perlengkapan Microfiber

Kain microfiber terbuat dari serat halus yang mampu menyerap air juga mengambil kotoran. Saat mencuci mobil Anda bisa menggunakan paket kain microfiber yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu contohnya adalah enam produk Armor All yang memiliki bahan microfiber untuk perawatan rutin mobil kesayangan. Untuk pencucian rutin—saat mobil Anda minim lumpur, tanah, atau kotoran berat lainnya—Ada Armor All Microfiber Wash Mitt atau Armor All Microfiber Wash Pad untuk mengangkat debu dan partikel halus yang menempel di permukaan cat saat mencuci dengan air dan sabun. Setelah itu, ada sarung tangan cuci dengan dua sisi microfiber atau Armor All 2 in 1 Noodle Wash Mitt, yang satu ini sangat efisien. Ada sisi microfiber soft noodles untuk pencucian biasa dan microfiber jaring untuk pencucian berat, yaitu saat mobil Anda dihinggapi kotoran membandel seperti lumpur atau tanah merah.

Ada juga Armor All Microfiber Drying Towel sebagai kain microfiber serbaguna yang dapat digunakan untuk mengeringkan mobil setelah dicuci. Lalu, ada Armor All Microfiber Polishing Cloth, kain poles microfiber untuk meminimalkan risiko lecet dan goresan ringan pada saat memoles. Yang terakhir, Armor All 3 Polish Applicator Pads yang merupakan aplikator dengan gagang yang terdiri dari tiga pad, kuning untuk meratakan, putih untuk membersihkan debu residu, dan oranye untuk mengilapkan.