Tips DR OTO : INDIKASI REM BERMASALAH (BAGIAN I)

posted in: Tips DR OTO | 0

rem

Otomania, rem mobil merupakan bagian terpenting untuk keselamatan Kita dalam berkendara dan dapat dipastikan tidak banyak pengendara memperhatikan hal ini, umumnya kita hanya memperhatikan exterior dan interior sebuah mobil, kalaupun ada hanya sedikit yang memperhatikan performa mesin.

Padahal Rem adalah alat vital bagi semua kendaraan karena selain dapat membahayakan diri Kita juga dapat membahayakan orang lain, karena ketika Anda melakukan pengereman secara mendadak pada kecepatan 100 Km/jam saja Anda membutuhkan jarak 100 meter sejak rem diinjak sampai mobil berhenti sempurna. Kali ini DR OTO akan memberikan tips dan Informasi merawat rem sekaligus mengetahui indikasi rem bermasalah.

MERAWAT REM :

  • Setiap 20.000 Km kuras minyak rem dang anti minyak rem yang sesuai dengan buku manual kendaraan. Rekomendasi DR OTO untuk yang satu ini pastikan menggunakan merek STP karena terbukti hasil tes majalah mobil motor produk ini terbaik dan terunggul dari merek minyak rem sejenisnya.
  • Biasakan membersihkan brake pad dan breke shoe secara berkala dengan Penray brake cleaner, cukup semprotkan pada pad dan shoe beserta bagian-bagiannya.
  • Pada saat mencuci atau menyemprot bagian mesin dengan air, harus dipastikan tabung rem tertutup rapat, cairan rem tidak boleh terkontaminasi air lebih dari 3% karena dapat menurunkan daya tahan cairan rem terhadap panas akibat gesekan kanvas rem dengan cakram atau drum brake.
  • Hindari menginjak atau merendam rem dalam waktu lama terutama di lampu merah atau saat berhenti dalam kemacetan, membiasakan mengunakan handbrake setelah berhenti adalah salah satu cara memperpanjang umur sistem rem.

HAL YANG DAPAT MENGGANGGU PENGEREMAN :

  • Benda yang dapat mengganggu pengereman adalah sepatu hak tinggi, karpet kaki tambahan yang tidak melekat dengan baik, sandal atau alas kaki yang tergeletak diatas karpet mobil, benda2 tersebut dapat mengganjal tuas rem yang berakibat pengereman dapat terganggu dan sangat membahayakan pengemudi maupun orang lain.
  • Melintasi genangan air atau banjir, karena hal ini dapat mengurangi daya hambat kanvas rem pada cakram atau drum brake, sehingga kepakeman rem berkurang.
  • Cairan rem, grease, pasir dan lumpur juga dapat menjadi biang keladi, rem tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Demikian tips kali ini dan nantikan INDIKASI REM BERMASALAH bagian II semoga bermanfaat.